Senin, 30 Januari 2023

P3K

P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) adalah upaya atau perawatan sementara terhadap korban kecelakaan. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan rasa tenang kepada korban, mencegah atau mengurangi rasa takut dan gelisah, serta mengurangi bahaya yang lebih besar. Tujuan pertolongan pertama pada kecelakaan adalah:
1. Menyelamatkan nyawa atau mencegah kematian, contohnya:
- Memperhatikan kondisi dan keadaan yang mengancam korban.
- Melaksanakan Resusitasi Jantung dan Paru (RJP) kalau perlu.
- Mencari dan mengatasi pendarahan.
2. Mencegah cacat yang lebih berat (mencegah kondisi memburuk)
- Melakukan diagnosis.
- Menangani korban dengan prioritas yang logis.
- Memperhatikan kondisi atau keadaan (penyakit) yang tersembunyi.
3. Menunjang penyembuhan
- Mengurangi rasa sakit dan rasa takut.
- Mencegah infeksi. Merencanakan pertolongan medis dan transportasi korban dengan tepat

Jenis Obat yang harus ada di P3K:
1. Obat Penghilang Rasa Sakit
Beberapa jenis obat penghilang rasa sakit antara lain balsem, minyak kayu putih, dan minyak angin. Adapun cara penggunaannya dengan mengusapkan atau dioleskan pada dada, kening, leher dan perut, atau bisa dengan cara dihirup.
Kegunaan atau manfaat yang ditimbulkan antara lain memberi rasa segar, menghilangkan rasa sakit, melonggarkan pernapasan dan menghangatkan tubuh.
2. Obat Luka Bakar
Jenis obat luka bakar adalah salep minyak ikan. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan salep ke permukaan luka bakar. 
3. Obat Luka Ringan
Jenis obat pada luka ringan ialah Iodin povidon. Cara penggunaannya dengan membersihkan luka dengan obat pencuci luka terlebih dahulu, kemudian oleskan obat. Manfaat atau kegunaannya adalah mempercepat penyembuhan pada luka yang ringan, seperti tersayat benda tajam dan menghindarkan luka dari kotoran agar tidak infeksi.
4. Obat Penyadar Orang Pingsan
Jenis obat pada luka ringan ialah amoniak cair 25% dan Eau de cologne. Cara penggunaannya dengan membasahi kapas dengan Amoniak atau Eau de cologne. Kemudian dekatkan kapas atau berikan pada hidung korban untuk dihirup sampai korban sadar.
5. Obat Pencuci Luka
Jenis obat pada luka ringan yang bisa digunakan ialah larutan antiseptik, alkohol 70%, dan boorwater (larutan boric). Adapun punggunaannya dengan cara membasahi kapas dengan larutan antiseptik, alkohol atau boorwater.
Kemudian luka bersihkan dengan kapas yang sudah dibasahi dengan larutan tersebut.

Peralatan P3K
a. Kasa Pembalut (Perban)
b. Kasa Steril
c. Plester
d. Plester obat
e. Pembalut Segitiga
Pembalut segitiga terbuat dari kain putih dengan ukuran 90 cm dan 125 cm. Pinggirnya tidak dijahit agar ketika dipakai tidak menekan luka atau cedera.
f. Kapas
g. Gunting
h. Lampu senter
i. Jepitan (Pinset)

sumber: Kemdikbud

Tidak ada komentar:

Posting Komentar