Jumat, 28 Oktober 2022

Laporan Perjalanan Pendakian Gunung Kerinci Via Sungai Penuh - Kayu Aryo - Kersik Tuo

Laporan Perjalanan Kegiatan

Fauna: Harimau Sumatera

Anggaran Biaya

Transportasi

Untuk ke Kersik Tuo, dapat turun di Padang atau Jambi, terserah hasrat. Umumnya, angkutan umum yang melalui Gunung Kerinci ialah bis atau travel jalur Sungai Penuh - Padang.

Simaksi

Rp 20.000 untuk weekday

Rp 25.000 untuk weekend

CP Base Camp

085367588494 (Mas Lihun - penjaga)

Aturan yang berlaku

1.       Saat turun malam hari usahakan ramai-ramai terutama ketika              melewati pos 3
  2.       Waspadalah pada tanda-tanda kemunculan harimau Sumatra
  3.       Sebaiknya tidak camp di pos 1-3 karena di pos ini menjadi jalur          lewat harimau Sumatra

Perjalanan Kegiatan

Sumber Dok: Manusia lembah.com

Gunung ini terletak di provinsi Jambi, ada 2 jalur pendakian kebetulan kami memilih via sungai penuh - kayu aro - kersik tuo. Perjalanan dari Bandar Lampung sampai di bc yg terletak di kersik tuo tersebut memerlukan waktu 31 jam (darat) sudah include dengan istirahat dijalannya sedangkan waktu pendakian disarankan adalah 3 hari 2 malam dan tim kami mengikuti prosedur tersebut. Tim kami berjumlah 8 orang termasuk saya dan kami bekerjasama dengan akamsi yg kebetulan beliau aktif di kerinci trek indonesia yg bertugas sebagai guide sekaligus porter barang kelompok. Treknya dibagi menjadi pos 1 (bangku panjang) - pos 2 (batu lumut) - pos 3 (pondok panorama)

(Trek awal pendakian)

Dilanjutkan ke shelter 1 - shelter 2 - shelter 3 - summit.

(Shelter 1)

(Trek ke Shelter 3)

(Shelter 3)

Pendakian hari pertama kami bermalam di shelter 1 kemudian paginya kami lanjutkan perjalanan sampai shelter 3 untuk bermalam disana dan kurang lebih pukul 4 dini hari kami summit attack dan Alhamdulillah diberi kelancaran.

(Trek ke Puncak)

Sumber Dok: Manusia lembah.com

Tambahan: Gunung ini berada di daerah kalianda Lampung Selatan. Bila ingin mendaki start dari daerah  pesisir laut gunung ini bisa menjadi pilihan ada 5 pos. Pos 1 ada mata air dan diwajibkan membawa air dari pos ini sesuai kebutuhan kita dikarenakan tidak ada lagi mata air selanjutnya, waktu tempuh standar dari basecamp - puncak 7 jam. Tapi saya  start dari jam 13.30 WIB dan sampai pos 5 (pos terakhir sebelum puncak dan biasanya digunakan untuk camp) pukul 22.30 WIB (9 jam).

Dokumentasi

Pengalaman perjalanan oleh: Kang Koko “Poex”

Penulis: Kang Koko “Poex”

Editor: Maul “Belang” dan Saben “Gading”