Kamis, 14 November 2013

DIKLATSAR RATTSPALA

Salam Rimba Lestari

Kira-kira pada tau ngga, sudah berlangsungnya pra diklatsar dan sebentar lagi diklatsar rattle snake?

Apai itu Diklatsar ?

Pendidikan Dasar itu adalah salah satu cara menarik anggota baru sebagai modal dasar pengembangan dan regenerasi.
Sistem Pendidikan Dasar mampu memberikan landasan (dasar) sebuah kemampuan yang ingin dicapai (target) secara tepat guna dan efisien.
Kemampuan Dasar seseorang tergantung dari cara pembinaan dan pembentukannya. Hal ini adalah sifat alamiah hubungan antara organisasi dengan anggotanya.

KONSEP SISTEM PENDIDIKAN DASAR
Pendidikan Dasar merupakan sistem seleksi akhir penerimaan anggota baru yang pelaksanaanya sepenuhnya dilakukan alam bebas.
Bentuk pembinaan secara umum terbagi atas 2 dasar :
- Pembinaan pengetahuan dan kemampuan dasar individual dan kelompok
- Pembinaan karakter kepribadian individual dan kelompok

Pembinaan pengetahuan dan kemampuan dasar individual dan kelompok
Bentuk pembinaan secara umum terbagi atas 2 dasar :
1. Pembinaan pengetahuan dan kemampuan dasar individual
Pembinaan pengetahuan dan kemampuan dasar kepecinta-alaman secara individual dilakukan sepenuhnya untuk memberikan pemahaman yang benar tentang dasar-dasar beraktifitas di alam terbuka.
2. Pembinaan pengetahuan dan kemampuan dasar kelompok
Pembinaan pengetahuan dan kemampuan dasar kepecinta-alaman secara kelompok dilakukan sepenuhnya untuk memberikan daya kreatifitas dalam memecahkan permasalahan saat beraktifitas di alam terbuka

Penerapan pembinaan karakter kepribadian secara praktis (langsung) disesuaikan dengan medan pendidikan di alam bebas.
Meliputi :
- Pembinaan Disipliner
a. Pembinaan Karakter Kepribadian Individual
Pembinaan karakter kepribadian individual dilakukan sepenuhnya melalui metode kedisiplinan individual dalam melaksanakan tugas/perintah pelatih/pembina.
b. Pembinaan Karakter Kepribadian Kelompok
Pembinaan karakter kepribadian individual dilakukan sepenuhnya melalui metode kedisiplinan kelompok dalam melaksanakan tugas/perintah pelatih/pembina.
-Pembinaan Mentalitas (Daya Juang)
Pembinaan mentalitas (daya juang) dilakukan sepenuhnya melalui metode stabilitas emosional.
-Pembinaan Kreativitas
  Pembinaan kreativitas dilakukan sepenuhnya melalui metode kemampuan siswa pendidikan memecahkan masalah (problem solving) selama melaksanakan kegiatan pendidikan
 
Sistem Penerimaan Anggota Baru
Sistem penerimaan anggota baru ditempuh melalui beberapa tahap, sbb:
Pendaftaran, pemberian materi pra-diklatsar, diklatsar di alam terbuka

Di tiap-tiap pelaksanaan, banyak siswa yang mengundurkan diri dengan berbagai alasan tertentu. Bagi mereka yang mengundurkan diri dari medan Pendidikan adalah yang tak mampu bertahan dari seleksi alam.

Sebenarnya, yang lebih berat beban mental dan beban moralnya adalah pelatih dan panitia karena selama Diklatsar siswa dan tanggungjawab penuh dari mereka, apapun yang terjadi adalah tanggung jawab mereka.

Menjadi siswa itu lebih menyenangkan, kalau tiba waktu makan di suruh makan, tiba waktu tidur disuruh tidur, tidur dijagain, tetapi panitianya sering telat makan, mereka kan tidak tahu panitianya tidur atau tidak. Yang pernah ngerasain jadi panitia pasti tahu.

tetapi ada suatu kebanggaan dari para panitia diklatsar, dari apa yang mereka korbankan, baik itu waktu, tenaga, uang dan yang lain sebagainya demi terciptanya generasi penerus organisasi yang akan melanjutkan roda organisasinya di masa yang akan datang.

by.iska borang (RS10.096TS)

1 komentar: